CancerBlogReview: 1. Catatan Seorang Survivor


Blog yang dibangun September 2007 ini berisi catatan-catatan seorang survivor, named Rini Y. Kandara. Ternyata, nama ini adalah singkatan dari "Rini Yang Kena kanker payudara". Nampaknya nama "marga" ini memberinya spirit untuk bertahan dan sembuh lagi dalam perjuangannya melawan kanker. Dan ia ingin agar pengalamannya ini bisa memberi manfaat pada sesama penderita maupun mereka yang berminat mengetahui lebih jauh tentang kanker ataupun kanker payudara.
Menurutnya:
Blog ini berisi informasi tentang perjuangan melawan kanker payudara, berdasarkan pengalaman pribadi, sharing dari sesama penderita serta sumber-sumber acuan yang relevan. Ditulis dengan maksud membantu sesama penderita yang mungkin mengalami kesulitan untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap mengenai penyakitnya."

Dan:
"Saya kena kanker, it's Oke! InsyaAllah akan tetap ingin membawa manfaat kepada sesama, khususnya bagi rekan-rekan yang memerlukan informasi seputar kanker payudara."


Ia membagi blognya menjadi lima segmen (link), yang ternyata menuju pada blog-blog tersendiri. Kelimanya adalah: Diagnosaku; Bestral/Radiotherapy; Buku-buku kanker; Diet & Olahraga; Ketenangan Hati.
Lima hal yang ia sebut "Perlengkapan perang" ini dijabarkannya sebagai berikut:
* Deteksi dini – diagnosaku; merupakan awal penemuan tumor hingga operasi dan akhirnya bisa didapatkan diagnosa Carcinoma ductus invasive mammae
* Proses terapi (bestral), di blog ini saya tuliskan kegiatan sehari-hari selama menjalani 30x proses radioterapi di RS. Karyadi, Semarang. Khusus mengenai bestral ini, saya tulis berdasarkan kenyataan bahwa susah sekali menemukan info lengkap di website (terutama yg berbahasa Indonesia). Sesama rekan pasien hampir tidak ada yang menuliskan pengalaman2nya selama proses terapi.
* Pengetahuan yang memadai – dapat didapatkan dengan membaca Buku-buku kanker – agar kita punya wawasan utk menuntun langkah kita memerangi penyakit ini.
* Diet & Olahraga – Selain proses terapi yang utama, diperlukan pengaturan konsumsi makanan sehari-hari, sudah tidak boleh sebebas dulu lagi, banyak pantangan yang harus dihindari.
* Ketenangan hati – Merupakan senjata pelengkap yang sangat penting dalam memerangi penyakit apapun, karena emosi akan mempengaruhi kondisi fisik. Bila kita berfikir positif, pasrah dan ikhlas …


Kiranya blog ini amat berguna bagi para pengidap yang ingin menjadi survivor, bisa sembuh dan mampu melewati tahap-tahap terapi yang kadang cukup lama, mahal, dan menyakitkan. Tulisan-tulisannya bisa menyemangati dan mendorong sesama penderita untuk berfikir positif, pasrah dan ikhlas sehingga proses penyembuhan berjalan lebih cepat dan berhasil.
Last, informasi dan link rujukannya cukup informatif. Silakan kunjungi dan menggali lebih dalam ke blog ini.

Comments

Ode said…
informasi yang cukup menarik. Oh ya, untuk info otomotif, silakan kunjungi www.otomotiveinfo.blogspot.com

Popular posts from this blog

Stages of Breast Cancer

Apa yang dimaksud dengan kanker?